Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Wednesday, January 23, 2008

Kakiku "O"

Hmm....(**tarik nafasss....!!) Hari ini mau curhat sesuatu hal yang ngak bagus. Sejak "Ama" pertama bilang kalo kaki En2 yang sebelah kiri agak ngak bagus, bengkok, gue dah mulai khawatir. Gue awalnya berharap, kalo itu memang karena En2 lagi belajar jalan aja. Tapi sejak jalannya makin lancar, makin keliatan dah kalo jalannya En2 ngak bener, sampe2 orang yg pertama kali liat En2 aja bisa bilang jalannya En2 aneh. Akhirnya kemaren setelah tertunda semingu lebih, gue bawa En2 ke RS medistra, konsultasi ama dokter Ucok, spesialis bedah tulang. Tadinya dah daftar ke dokter spesialis kaki anak di RS Mitra Gading (referensi dr dokter anak), tapi gilaaaaaa... masa gue daftar Oktober 2007, trus dapat nomor itu buat bulan mei 2009 ???? emangnya tuh dokter lebih hebat dari "minyak tanah" apa ya??? ngalahin antrian orang kalo mo beli minyak tanah...kudu nunggu 1.5 thn. Karena ngak sanggup kelamaan, gue akhirnya ke dokter Ucok, dokter nya sepupu2 Kai2 yang kakinya ngak bener jg. Minggu lalu, janjian hari selasa, eh paginya di telp kalo dokter datang jam 5, jd gue milih cancel ketimbang sampe malam. Selasa kemaren dapat antrian no 3, jam 3 sore. Jam 2.30 siang gue dah nongkrong di sana bareng "Akong" dan suster nya En2. Eh..tuh dokter dasar dokter.....gue disuruh nunggu 2.5 jam boo....jam 5 baru datang, katanya ada operasi sampe ngantuk2 gue nunggunya. Berhubung butuh aja makanya gue tahan2in, kalo ngak gue tinggal dah. Untung gue dapat no 3, mknya cepet masuk. Sampe di dalam konsultasi juga ngak lebih dr 5 menit trus cabut. Vonis dokter...kaki En2 itu "O", kiri kanan simetris. Dipake sepatu khusus anak cacat trus ntar tiap 3 bulan diganti sepatunya. Karena kondisi En2 bagus, kakinya ngak telalu parah bengkoknya, trus masih kecil, jd mais gampang di perbaiki, cuman butuh 3-4 kali ganti sepatu, perkiraan sekitar 1 tahun dah. Duuuh......kasian En2!!

Sebenernya, gue merasa bersyukur loh biar kaki En2 ngak normal. Ehh....bukan maksud gue seneng liat kondisi En2, tapi gue merasa En2 itu dah jauh lebih beruntung ketimbang anak lainnya. Waktu gue di ruang tunggu RS medistra, gue liat pasien dokter Ucok lainnya...banyak yang kasusnya jauh lebih parah dari En2. Bener2 kasian ngeliatnya. Ada 1 pasien anak umur sekitar 5 tahunan, wanita, kondisinya hmm...boleh dibilang menyedihkan. Kakinya membentuk "X", sementara kedua tangan itu ngak bisa lurus, cenderung keluar dan telapak tangannya itu menekuk ke arah dalam. Trus ada lagi 1 pasien cowoq, masih bayi, sekitar 1-2 bulan, kepalanya masih blom bisa tegak. Tuh bayi kakinya di gips 2 2 nya...sementara belakangan Akong bilang kalo tuh bayi tangannya juga ngak bener. PAs gue liat, bener aja...tangan tuh anak juga ngak normal...telapak tangan nya menekuk ke dalam juga, dan keliatannya tempurung telapak tangannya itu ngak ada, sehingga jarinya kecil2. Duuh.....miris banget liatnya...kasian dah! Makanya gue bilang En2 itu masih jauh lebih beruntung, dan gue bersyukur banget buat itu.

Trus hari ini, tadi siang , Kai2 pulang dari sekolah, Gue ama En2, dianter Akong pergi buat sepatu En2 di bilangan Kebayoran Lama, di sekolah anak cacat. Sampe di sana En2 diukur kakinya, buat bikin sepatu. Mommy pilih warnanya pink, ada bunga2....ntar 2 minggu lagi baru jadi. Di sana juga karena sekolah anak cacat, isinya juga banyak anak yang cacat tulang kayak yg kemaren kita liat di RS. Dan pas masuk workshopnya, ada lemari yang memajang sepatu khusus anak cacat, duh...pas ngeliat...agak serem....bisa banyangin liat di etalase sepatu bot yang hitam2 gede, berat dan banyak penyangga besinya??? sereeemmm jg...jd inget film2 horor Lagi ngebayangin gimana kaloEn2 pake tuh sepatu....Kasian kali ya...kakinya di paksa tekuk keluar. Karena tuh sepatu kan khusus, kalo anak kaki "O" sepatunya dibuat miring, agar kaki bisa dipaksa nekuk keluar. Pasti menderita banget pas pertama kali memakainya. Duh..kasian anakku...moga2 tabah yaaa! Jia Youuu.....!!

1 comment:

Vera said...

hi rin..sabar yah..kaki en2 bs sembuh kok :) emang gila tuh rs mitra. temen gw jg brp bulan yg lalu telp kesana dpt nomer yg setaon kemudian..akhirnya batal deh..kok bisa yah..apa serame itu dokternya.

btw, en2 ma wilbert seumur tuh rin. wil lahir 11 okt, en2 di okt jg yah hehe..