Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Wednesday, March 11, 2009

Hand, foot, and mouth disease

Wahh....akhirnya gue bisa update juga. Setelah sekian lama absen, dikarenakan berbagai hal, mulai dari sibuk urusin kerjaan rumah, ngurus anak, kerjaan kantoran, pembantu yang resign lagi, sampe dihinggapi penyakit males. Jadi apa perkembangan terbaru si JaVan?? kali ini ngak jauh2 dari yang namanya sakit lagi. Sejak beberapa hari lalu, tepatnya Sabtu, si JaVan terkena wabah penyakit kaki tangan mulut, yg nama keren nya hand foot and mouth disease. Wahh....bener2 mengerikan ini virus. Bayangin, kaki dan tangan timbul bintik2 merah berarti, kayak jerawat, plus ygn parah di mulut bagian dalam....juga timbul bintik yang sama....sekilas mirip sariawan, tapi ini banyak booo....bejejer rapi dan padat di pipi bagian dalam sampe ke lidah. Kebayang kan rasanya?? pantes aja seminggu terakhir ini si En2 susah banget makan. PAdahal biasanya mulut tuh anak model pelahap segalanya. Trus hari kamis malam, suster gue bilang kalo pantat En2 kayaknya ruam popok, trus diolesin salep. Tapi hari jumatnya, tuh ruam makin menggila...menyebar ke sekujur kaki. Sabtu paginya, tuh ruam dah menjalar ke tangan. Duh...feeling dah ngak enak... kayaknya dah ngak bener. Gue takutnya cacar air atau campak. Mau daftar dokter bingung, secara dokter anak nya JaVan di medikids cuti lagi sampe rabu. Akhirnya daftar ke dokter di RS Siloam kebun jeruk. Setelah itu siap2 gue cabut ke rumah emak gue sebentar karena mau anterin makanan buat emak gue...trus cabut jemput mertua di krukut kota, abis itu langsung ke RS Siloam. Sampe di sana ....walah2...rame banget. Kayaknya musim penyakit. Ternyata, perkiraaan gue kalo itu campak dan cacar salah. En2 kena penyakit hand foot mouth disease. Waktu dokter kasih liat ke gue mulut En2, baru dah terlihat kumpulan bintik2 putih mirip sariawan, kecil2 dan padat. Walaaaahh...pantesan aja tuh anak ogah makan....kebayang kan gimana sakitnya sariawan, apalagi ini penuh 1 mulut. Trus dokter wanta wanti kalo En2 kudu di karantina, dipisahkan ama koko nya. Soalnya ini penyakit nular banget. Tadinya kirain kalo cacar/campak, mau sengaja ditepain, biar kena bareng, trus beres dah. Tapi begitu tau ini bukan campak/cacar, buru2 kai2 gue ungsikan ke rumah mertua. Minta mertua jagain kai2 beberapa hari sampe penyakit En2 sembuh. Duh....2 hari ngak ketemu Kai2....seumur2 belom pernah. Dulu pisah ama Kai2 aja pas lahiran En2 doank...tp itupun tiap malam kai2 menjenguk gue. Ini 2 hari boo...

Tapi ternyata action gue telat. Seninnya Kai2 dibawa ke rumah, kata hubby, badanya hangat, trus dah keluar bintik2 merah. Mulut dah sariawan juga....wahh...ini sih dah kena juga nih Bener aja itu senin malam itu, Kai2 malamnya panas, bolak balik tidur ngak nyenyak, maunya deket2 gue mulu. Gue kemana, dia ikut kemana, nempel dengan tampang lemes. Selasa pagi gue buru2 dah daftar ke dokter lagi, trus siang gue bawa kontrol. Bener aja, tuh dokter bilang kai2 dah kena. Dokter aja geleng2 kepala, saking banyaknya pasien yang kena penyakit sama. Suster juga bilang gitu waktu gue tanya...banyak yang kena katanya. Ngobrol ama ibu2 yang ada di ruang tunggu juga bilang, kalo anak2nya pada kena dari sekolah. Wah..dah mewabah. Dokter aja sampe wanta wanti kalo anak gue ngak boleh dibawa kelaur2, biar ngak nularin ke anak lain. Makanya sekolah dan terapi gue cutiin seminggu. Trus sejak senin sampe hari ini tuh anak nyaris ngak makan apa2. Cuman minum susu dan susu. Kemaren cuman minum 3 botol yakutl....dan hari ini cuman makan 1 youghurt. Duh...kasian. Tampangnya lemes.

Kalo si En2, sekarang dah baik. Udah balik nafsu makannya seperti semula. Kalo pecicilan, itu sih waktu sakit juga pecicilan. Waktu sakitpun nafsu makan masih jauh lebih mending dari kai2. Dikasih bubur, roti masih mau walau dikit. Soalnya sariawanya ngak sedahsyat kai2, cuman bintik2 merahnya yg jauh lebih banyak dr kai2. Berarti urusan En2 dah boleh lega...tinggal beresin urusan Kai2. Moga2 cepet sembuh. Kalo ngak tambah pusing gue liat bodynya yang makin kerempeng

Kemarin itu juga sempet sms ama kepsek nya JaVan. Ternyata di sekolah dah ada 2 anak yang dah terkena ini penyakit. Salah satunya kayaknya temen En2. Duh....serem amat ya. SEtelah gue browsing, gue baru tau. Ternyata ini penyakit mudah menular. Kayak flu, menular lewat udara, cairan tubuh penderita, kayak ingus, liur dll. Dan yang paling mengerikan masa inkubasinya itu 3-7 hari baru nampak gejalanya. Ngeri ngak tuh??? Mana bisa kita tau kalo ngak kelaur gejalanya..begitu keluar, dah terlambat, kayak kasus si Kai2. Pantes aja si dokter wanta wanti terus anak gue kudu di karantina. Moga2, cepet reda dah wabah ini, jangan sampe meluas.

No comments: