Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Saturday, August 16, 2008

Badung !!

Mulai dari hari senin, satu rumah udah pada batuk pilek. Mulai dari gue, trus JaVan, si papi sampe asistenku pada batuk semua. Semua dah dikasih obat batuk kagak mempan. Sepertinya harus sowan lagi ke si om dokter. Kayaknya tiap bulan kalo ngak sowan, kalo ngak rasanya ngak afdol..SIGH Sampe di klinik dokter, jam 3.30 sore. Tunggu sampe jam 4, dapat kabar klo dokter bakal sampe di klinik jam 5 karena ada operasi di RS. Duh... Mateng gue. Biasanya gue emang terbiasa nunggu nih dokter berjam2, soalnya biasanya ke dokter barengan ama Kai2 terapi. Jam 2-3 Kai2 terapi, dokter praktek jam 4 Jadi jam nya nanggung banget. Mau pulang nanggung, ngak pulang jg kudu nunggu 1 jam. Sejak bulan ini, terapi Kai2 diganti ke jam 11 siang, so berarti hari ini gue datang ke dokter cuman dengan persiapan buat nunggu selama 1 jam. Jadi ngak bawa peralatan perang nih, cuman bawa pakaian ganti, ama susu 2 botol buat JaVan. Kalo kesorean pulang, bisa kelaparan si JaVan, mana Kai2 dah teler juga, karena siang ngak bobok. Moodnya Kai2 kalo dah ngantuk kan jelek banget. Akhirnya buru2 lari ke toko roti deket sana....beli roti dah buat ganjel perut.

Sambil nunggu dokter, banyak pasien lain yg mulai datang. Nah baru sekali ini gue liat si JaVan, rebut2an mainan dan kursi ama anak2 lain. Anak lain pegang apa, JaVan juga mau. Asli dah serasa barang2 di klinik itu milik mereka berdua. Trus , suatu kali, ada 1 nenek2 lagi gendong cucu nya yang masih baby. Tas baby nya ditaruh di atas tumpukan kursi bundar yang warna warni, yang tadinya di mainin JaVan. Kai2 tiba2 angkat kursi bundar yang ada di tengah ruangan, trus angkat dan bawa ke arah nenek2 itu. Spontan asisten gue langsung mau ambil tuh bangku dan tahan si Kai2, karena takut kaki tuh bangku kena si nenek dan baby nya. Eh ditahan gitu Kai2 malah teriak ngomel, ngotot mau bawa itu bangku ke arah tumpukan kursi yang ada tas si nenek. Gue liat tuh nenek menatap Kai2, dan akhrinya gue turun tangan secara asisten gue ngak bisa menenangkan Kai2. AKhirnya gue ngerti, maksud Kai2 itu mau beresin kursi, mau taruh kursi yang ada ditengah ruangan tadi ke tempatnya semula, ditumpukan kursi tadi. Akhirnya gue suruh asisten gue lepasin Kai2, trus angkat tas baby nya si nenek, trus biarin dia taruh tuh kursi ke tempatnya. Abis itu berakhirlah keributan itu. Dan dengan seenaknya tuh nenek langsung komentar "Anaknya badung ya! ". Gue diem aja sambil dongkol. HUH... dasar nenek bawel. Kai2 kan maksudnya baik, mau merapikan kembali kursi yang tadi dibuat main anak2. Eh ini malah dikatain badung. Kai2 kan ngak bisa ngomonk, makanya kita ngak ngerti maksudnya. Cuman gue bete aja itu nenek mulutnya ngak disekolahin, main asal bunyi. Kai2 emang sifatnya rada keras, rada ngotot, tapi baik. Sifatnya yang 1 ini emang patut diacungin jempol. Kai2 itu kalo dah ambil sesuatu, pasti dibalikin ke tempatnya lagi, ke posisinya semula. Kalo kita larang dia pasti ngamuk. Misalnya, kalo pas ambil minum susu, dia ambil sendiri botol nya di meja, Kai2 buka tutup botolnya, taruh di meja, trus minum susunya. Setelah kelar minum, botolnya ditaruh lagi di meja, plus kudu ditutup lagi ama tutup botolnya. Kalo kita larang, bisa ngotot dia pake bahasa dewanya, kalo ngak dikasih juga bisa ngamuk. Dan baru brenti ngamuknya kalo kita dah biarin dia tutupin botolnya. Contoh lain misalnya, pas mandi. Gue kalo mandiin Kai2 punya kebiasaan, keran air ditutup, botol samphoo ditutup, gayung diletakan ditempatnya. Nah klo salah satu itu ada yg lupa, pasti Kai2 yang lakuin. Pernah asisten ku lupa tutup botol shampoo, trus main bawa Kai2 keluar kamar mandi, tuh anak langsung ngamuk, teriak2, akhirnya baru bisa diam setelah Kai2 dibiarin tutup sendiri botol shampoonya. Pokoknya Kai2 ini sifatnya bener2 displin dan cenderung tipe orang yang teratur. Apa yang menurut dia peraturannya seperti itu ya kudu diperjuangkan sepenuhnya agar sesuai aturan. Gue kagum ama sifatnya yang 1 ini Cuman jeleknya karena dia ngak bisa ngomonk, maka pake marah2, mungkin karena stress orang2 ngak ngerti maksudnya dia sampe2 mungkin orang lain bisa kepikiran Kai2 itu badung, persis kayak komentar nenek itu tadi. Mungkin juga emosinya itu ciri khas anak ADHD, sehingga terkesan anak itu badung. Moga2 Kai2 bisa cepet ngomonk, bisa cepet sembuh dari ADHD nya, biar orang2 yang ngak kenal Kai2 ngak bisa komentar jelek lagi soal Kai2.

6 comments:

Fani said...

Rin, di Gramedia aku juga beli buku "Terapi untuk Anak ADHD", yang nulis orang bule yang sudah ahli banget menangani anak ADHD.
Dia memang bilang kalo anak ADHD itu emang tergantung sekali sama yang namanya keteraturan.
Kalo lepas dari keteraturan yang biasa dia lakukan, dia bakal bingung dan bisa dibilang keluar "badung"nya.
Orang lain yang nggak ngerti pasti deh salah paham gitu.
Ini masih kubaca bukunya ^^
Nanti sharing lagi, ya...

Rina said...

Lho, kmu dah beli itu buku? kmrn sempet liat, bingung mo beli or ngak. soalnya lagi baca 1 buku, tp belom kelar2 hehehe...

edward said...

Rin, sori mau tanya donk. Waktu pertama kali ke psikolog Kai2, awalnya gimana sih sampe km mutusin konsul? G lagi binun soalnya Edward koq anaknya rewel bgt. Apa g yg salah asuh ato gimana, soalnya sampe skrg g belom pernah nemu anak yg rewelnya kaya Edward. Tapi kalo g baca soal ADHD sih mustinya ga ada gejala2 ke sana sih. TQ yach..

Rina said...

@mama edward...gue kagak ke psikolog. Awalnya sih gue khawatir kai2 dah 2,5thn kagak bisa ngomonk, cuman 2-3 patah. Trus tanya dokter anak, disuruh terapi. Trus gue pede aja mau terapi wicara, eh taunya kata guru terapinya, harus di observasi dulu, cari tau kenapa dia ngka bisa bicara. Ya udah, trus diobservasi lah si Kai2, trus ketahuan dah dia ngak bisa bicara karena ADHD. Abis itu gue disarankan terapi okupasi untuk kurang konsen nya itu, dan diajarin bicara jg. Gitu loh. Edward umur brp? kalo ngak bisa diem, kadang anak co emang ngka bisa diem. Anak ce lebih anteng. Kalo loe kagak yakin, coba aja bawa ke psikolog atau dokter tumbuh kembang

Rina said...

@mama edward...gue kagak ke psikolog. Awalnya sih gue khawatir kai2 dah 2,5thn kagak bisa ngomonk, cuman 2-3 patah. Trus tanya dokter anak, disuruh terapi. Trus gue pede aja mau terapi wicara, eh taunya kata guru terapinya, harus di observasi dulu, cari tau kenapa dia ngka bisa bicara. Ya udah, trus diobservasi lah si Kai2, trus ketahuan dah dia ngak bisa bicara karena ADHD. Abis itu gue disarankan terapi okupasi untuk kurang konsen nya itu, dan diajarin bicara jg. Gitu loh. Edward umur brp? kalo ngak bisa diem, kadang anak co emang ngka bisa diem. Anak ce lebih anteng. Kalo loe kagak yakin, coba aja bawa ke psikolog atau dokter tumbuh kembang

edward said...

Kalo soal ga bisa diem sebenernya g cuek2 aja (biarpun kadang jengkel berantakin rumah mulu) justru kalo dia diem malah kuatir :) Yg bikin g spaneng sih rewelnya itu. Gini salah gitu salah, kerjaan nangis jerit2 :(

Thanks infonya yach..