Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Saturday, August 9, 2008

Asisten Mommy - part 3

Kali ini posting lagi soal para asisten gue. Sekuel dari part2 . Setelah desperado dengan para BS, akhirnya diputuskan pake PRT aja. Secara kwalitasnya sama, gajinya lebih murah! Paling ngak gue ngak sakit hati keluarin duit banyak tapi dapat barang tak bermutu. Nah mari kita ulas ke 2 asisten gue yang sekarang (namanya Ida & Sri) :


(Rating : A .... Z )

# Kerajinan :
Ida : "B" Akhir2 ini kerajinan si Ida lumayan. Terutama setelah dapat pencerahan dari Ama. Mendadak ini anak jd rajin, bikin seneng hati orang yg ngeliatnya. Tombol otomatisnya yang semula ngak gitu berfungsi, sekarang berfungsi 80%.
Sri : "Z" Ngomongin kerajinan ama nih orang, bisa bikin rambut gue keriting. Nih orang bodynya bulet kayak babi alias endut, tapi malesnya melebihi badannya, bener2 tak tekira. Sampe2 kalo penilaian orang cuman A-D, gue bisa kasih point Z. Pertamanya ngak gitu males, makin lama kerja makin keliatan males nya.

# Kebersihan :
Ida : "B" Buat bersih, Ida ini bersih. Badannya tak berbau, bajunya bersih, dan rapi. Seneng ngeliatnya.
Sri :
"Z minus" Kalo ada alphabet diluar huruf Z, gue rasa gue bakal kasih poin ini ke Sri. Ngomongin kebersihan ama orang ini bisa bikin gue mau kayak bom yang siap meledak. Ini orang terjorok yang pernah gue temuin. Bajunya dekil, badannya super bau, dikasih bedak bau BB ngak mempan, dikasih tawas, ngak mempan juga. Kalo gue masuk kamar tidurnya, mau muntah ngak bisa nafas. Belom lagi kepalanya kutuaaaaannnn ...hiiyyyy Ngeriiiiiiii. Cuci baju/piring/apa aja dan bersih2, ngak puas kalo ngak disuruh ulang 2-3 kali. Sampe sekarang juga gitu. Gimana gue ngak mau kayak bom siap meledak?? diomongin, diajarin baik2, ngak ngerti juga. Bebal. Kayaknya ini kombinasi jorok dan males. Bener2 tak tertolong.

# Kejujuran :
Ida : "B" Awalnya Ida ini tukang bohong, ngak jujur, suka lempar kesalahan ke orang lain. Tapi lama2 ini anak setelah diceramahin, bisa berkurang kebohongannya. Ada perbaikan, jadinya ini ini plus buat si ida. Gue suka orang yang mau berubah lebih baik.
Sri : "Z" Awalnya si Sri gue pertahankan, gue upgrade buat ngurus anak gara2 ini orang jujur. Tapi makin lama kerja, tanduknya mulai keliatan. Mulai berani bohong dan bikin gara2. Kayak kasus kemaren, gue suruh ngepel tiap pagi jam 6. Ternyata dia bohong, padahal ngak ngepel. Padahal gue dah curiga, tapi akhirnya gue dapat bukti2 lengkapnya.

# Kesopanan :
Ida : "C" Hm...dibilang sopan, ini anak cukup sopan. Tapi kalo dilepas, bisa ngelunjak. Alias dikasih hati minta ampla. Jadi musti dikontrol terus. Ngak boleh dilepas 100%
Sri : "B" Kalo kesopanan, ini anak cukup sopan. So far, ini nilai plus nya, tapi tetap musti dikontrol.


Kasus2 heboh yang pernah dilakukan:

# Mencuri majalah dan VCD hubby. Waktu gue lakukan SiDak (inspeksi mendadak) ke kamar para asisten gue, gue temukan sejumlah VCD + cover2 nya di dalam rak baju ida, dan majalah2 punya kantor hubby di tas travel Sri. Langsung gue maki2 semuanya. Gue paling benci orang lancang, apalagi nyuri. Dan pengen gue PHK semua, tapi akhirnya ngak jadi, karena hubby gue bilang kasih kesempatan lagi. Padahal gue jelas2 dah bilang ke mereka, kalo mau baca majalah silahkan, tapi abis baca kembalikan ketempatnya. Setelah kejadian itu, hubby turut memberikan pencerahan (dengan nada yg jauh lebih lembut ketimbang bininya ini yg dah kayak gunung meletus ngomelnya), trus sampe mereka nangis bombay (entah sadar or takut), dan diputuskan kalo ngak ada orang mereka ngak boleh beraktifitas di lantai 2 yang merupakan ruang kantor hubby.

# Pinjem HP tetangga ngak dibalikin. Suatu sore tiba2 Ama telp dengan kesel sambil bilang kalo supir sebelah atas perwakilan PRT ebelah yang HP nya dipinjem, mau minta balik HP nya. Pas gue interogasi, beneran aja, mereka nekat pinjem HP PRT sebelah waktu kita nginep dirumah Ama, dan pas kita balik masih belom dibalikin. Langsung gue omel2in dengan berapi2...bener2 bikin malu.

# Kutu Rambut. Si super duper jorse itu, berani2 ngak bilang rambutnya kutuan, sampe nularin ke JaVAn. GGrrrr.....dah pengen gue jedukin kepalanya ditembok kalo ngak inget rasa kemanusiaan mah. Akhirnya gue suruh potong rambutnya yg panjang kayak benang kusut, babat pendek, gue bayarin. Tapi masih berani juga bikin keqi. SEbelum potong rambut gue dah tanya ama ida ongkos salon nya, 20rb doank, di salon deket sini. Tuh orang jorse juga denger. Trus karena berbaik hati, takut kalo kasih duit pas, ntar ngak cukup dia bolak balik, gue kasi duit 50rb. Eh taunya tuh orang jorse kesempatan, dia malah potong rambut di salon yang gue biasa santronin, hasilnya 45rb melayang. Gilaaaa.....dikasih hati minta jantung. Gue rasa itu orang salon kalo tau dia kutuan, juga langsung diusir kali. Sekarang gue kalo mau ke tuh salon juga takut.....bekas orang kutuan gitu lohhh !!

Ya..itu lah sebagian kasus2 heboh yg dibikin pembantu gue...belom termasuk yang ngak heboh. Duuuh......kapan ya bisa bebas dr para asisten yang kata nya membantu, tapi malah bikin makan hati????? Kalo ngak inget mau lebaran gini susah cari asisten baru, dah pada gue deportasi tuh asisten gue yg super jorse.

6 comments:

Fani said...

Wow, bagai langit dan bumi 2 asistenmu itu ^^
Bagus buat keseimbangan "yin-yang" di rumahmu, kali ya, Rin, hohoho.... (hush, ntar kuwalat aku, kan lagi nyari asisten, nih, hihihi)

Aku beli buku "Hidup Bahagia bersama Asisten Rumah Tangga" di Gramedia tadi siang (itung2 buat persiapan).
Trus plus baca kisahmu ini, aku sungguh terinspirasi ^^

Yang gak abis pikir, kenapa kamu belom pecat juga yang nilainya banyak "Z"-nya itu???

Rina said...

Nah itu dia Fan. Awalnya, gue pertahanin yg "bau" itu karena jujur. Prinsip gue kalo dia jujur, ngak bisa kerja gpp. Pelan2 diajarin. Nah trus, ternyata setelah kerja 3 bulan gitu, makin lama makin parah. Males nya makin jadi, dan itu kayaknya biang joroknya dia. Plus ditambah suami yang pusing liat aku mau gonta ganti asisten mulu, katanya gpp lah, yg penting bisa main sama anak, kalo mau cari yg perfect kayak mau gue, sampe kapan baru bisa dapat?? Ya, sutra lah, akhirnya ditahan2in, eh pas dah ngak tahan, dah mau lebaran gini. Ya susah cari gantinya.

Fani said...

Se-toleransi-nya sama asisten, menurut buku yg aku baca, minimal ada syarat tertentunya:
1. Jujur
2. Bersih, kan soalnya ngurus anak kita.
Kalo syarat minimalnya aja gak terpenuhi, sulit emang ya...
Moga2 kita dapet asisten yang baik ^^
Aku juga nunggu setelah lebaran, nih, dah nitip temen ^^

Rina said...

Fan, bagi gue, kalo soal jorok, ngak ngerti apa2 itu mah dah default orang kampung. Itu pelan2 bisa dirubah, asal orangnya mau nurut kalo diajarin. Tapi kalo males, doyan ngebantah, panjang tangan, dkk, itu dah sifat dasar. Dah nyaris ngak mungkin berubah. Nah kalo itu sih gue ngak ada toleransi lah.

Anonymous said...

hihihi... baca blog ini jadi ketawa ketiwi...lucu sekali gaya ceritanya...apalagi ada gambar yg jeduk2in kepala ke tembok hehehe...

urusan paling menyebalkan buat para mom itu emang asisten ya.
aku juga udah ganti asisten berapa kali ya...
puji Tuhan sekarang dapet asisten yang baik, jujur, rajin, bersih. tetangga, jadi pulang pergi tiap hari. dari dulu berdoa minta asisten yang punya 4 syarat itu dan sekarang dipenuhi.
semoga rina dapet asisten yang bisa diandalkan ya...

Rina said...

Betty, iya emang urusan asisten bikin pusing kepala. Iya, moga2 tahun depan ketemu asisten yang lumayan lah.