Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Thursday, June 5, 2008

Terapi dan diet nya Kai2

Terapi Kai2 dimulai sejak Maret lalu. Awalnya baru jalan 1 kali pertemuan, sempet mogok 2 minggu karena guru terapinya berhalangan masuk. Sempet kepikiran mau ganti guru karena guru tersebut sering berhalangan, tapi ngak jadi. Untungnya sampe sekarang gurunya jarang ngak masuk. Pertama kali terapi gue ikut masuk ke ruangannya. Isi tuh ruangan mainan edukatif semua, pantesan aja Kai2 betah, karena pada dasarnya nih anak hobi banget mainan model begituan. Awal terapi cuman disuruh duduk di kursi yang ada mejanya (untuk melatih konsentrasi) dan diberi berbagai mainan edukasi yang melatih konsentrasi, otot motorik kasar dan halus. Pas terapi kedua kalinya gue dah ngak masuk, sementara Kai2 sempet nangis bentar, ngak sampai 5 menit tuh anak dah diem. Nangisnya sempet berlangsung 3-4 kali pertemuan, abis itu dah ngak kedengeran tangisnya sama sekali. AJAIB! Beda banget ama waktu dikelas....dikelas aja masih cengeng, kudu di setrap dulu gue setiap hari di kelas. Kemudian setiap kelas terapi selesai, guru terapi catat semua kegiatan di kelas di buku tulis, jd semacam report ke gue, dan gue bisa tau aktifitas dan kemajuan Kai2 di kelas. Terapi nya itu bener2 kayak les private, 1 guru 1 anak, dan kayaknya ini metode yang paling pas buat KAi2 belajar, karena nih anak kalo belajar rame2 dikelas banyak ngak konsen nya. Di Kelas Kai2 yang tadinya nyaris ngak ada kemajuan walau dah belajar berbulan-bulan, sekarang di kelas terapi cepet banget perkembangannya. Dari yang ngak bisa mencocokan 3 pasang gambar, dalam 3-4 kali pertemuan dan bisa mencocokan sampe 16 pasang gambar. Trus dah mulai bisa bedain warna, dan mulai bisa menunjuk berbagai bentuk (walau ngak bisa ngomonknya) dll. Wah seneng banget ngeliatnya. Trus Kai2 juga diajarin meniup peluit, kata gurunya untuk melatih otot mulut, trus diajarin melempar dan menangkap bola, katanya untuk koordinasi mata dan tangan. Wah..wah...hal2 yang sederhana, tapi ngak pernah terpikir sebelumnya ama gue kalo itu hal2 yang bermafaat sekali untuk perkembangan anak BALITA. Dan lagi better Kai2 sering2 terapi kayak gini, soalnya emaknya ini bener2 paling malas dah untuk yang 1 ini...ngajarin anak sekolah ....TOBATT!! Gue bener2 paling ngak sabar untuk yang 1 ini.

Selanjutnya, Kai2 juga gue dietin, diet Casein dan Gluten. Susunya perlahan2 gue ganti dari susu sapi ke susu kedelai. Awalnya sempet nolak dan trauma karena gue cekokin langsung. Gue pikir karena dia ngak mau susu soya kaleng, gue beliin susu kacang yang dia doyan, begitu gue sodorin, sampe langsung kabur begitu cium baunya. Trus gue sampe bikin sendiri susu kacang, demi program diet ini, tapi apa daya, yg ada Kai2 bener2 takut ngeliat tuh susu kacang. Akhirnya ganti strategi gue, gue ngak ganti tuh susu sapi Kai2 sedikit demi sedikit. Takarannya gue kurangin 1/2 sendok per 2 minggu, sampe akhirnya susu nya full susu soya. Hehe....berhasil! Harusnya ngak boleh langsung gue 100% ganti ke soya, kaget dia. Habis gue pikir dari baby sampe 1 tahun dia minum soya, trus skrg ganti ke soya ngak masalah donk...tenyata gue salah. Biar kecil2 gitu dia dah ngerti rasa, tau mana yang enak dan yang ngak. Trus soal Gluten, ini yang ribet. Dengan amat sangat terpaksa, semua cemilan biskuit dan roti KAi2 gue stop. Gue skrg rajin nyetok jajanan pasar, kayak kue lapis beras ( ini kesukaan Kai2), kue apem, dan sejenisnya dah. Awalnya tuh anak hobi banget, tapi kelamaan makan itu2 doank lama2 bosen jg dia. Tinggal gue yang pusing 7 keliling, mau dikasih cemilan apa....Akhirnya sibuk cari2 resep non susu dan gluten. Sekarang dah jauh berkurang sih konsumsi gluten nya....walau gue masih ngak bisa 100% menghilangkannya. Kadang ngak tega ngeliatnya, jd sekali2, terutama hari Minggu, gue lepas dah diet Glutennya. Gue kasih sesekali roti dan biskuit . Karena diet ini sampe2 En2 jg ikutan2 gue dietin. Abis ngak mungkin kan satu dikasih makan yang lain kagak. Bisa rebutan ntar. Tapi efek diet ini hebat banget loh!! Baru 2 minggu gue dietin, Kai2 jd lebih tenang, di kelas lebih bisa konsen. Dah ngak nangis di kelas, trus dah mau ikutin kegiatan di kelas sedikit mulai sedikit. Trus dah mulai bisa duduk dengerin miss nya walau ngak lama. Trus kalo dipanggil namanya dah mulai bisa menoleh dan mau samperin yang manggil. Bener2 beda banget dengan yang sebelum diet!! Sampe2 semua ibu2 yang sama2 nungguin anaknya di sekolah bisa ngeliat, kata mereka Kai2 sekarang beda ya, lebih tenang, anteng dan mau dengerin. Makanya gue harus berjuang terus diet in nih anak. Hmm....cuman kadang kebablasan juga ama orang rumah, alias mertua gue!! Tapi ya pelan2 lah, paling ngak dari keluarga gue dah dimulai hidup sehat untuk Kai2.

No comments: