Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Friday, February 29, 2008

ADHD

Kemarin, gue dan papinya JaVan bawa Kai2 ke medikids, janjian ketemuan ama psikolog untuk observasi Kai2 sebelum dilanjutkan dengan terapi. Kita janjian dengan ibu Lilis jam 10 pagi. Sampe di sana, begitu daftar di resepsionis, eh kebetulan ketemu. Ya udah langsung naik ke lantai 3 ruangan terapi trus Kai2 di obeservasi. Gue cerita kalo kita bawa Kai2 ke sini gara2 Kai2 maish ngak bisa ngomonk (sebelumnya dah sempet ngobrol via telp) Lalu tuh ibu Lilis mau nge-tes Kai2 dulu. Tes nya simple banget, tuh ibu Lilis cuman suruh kita ngomonk mandarin (psikolog nya ngak bisa mandarin) buat kasih instruksi Kai2 untuk mengetes apakah dia itu bingung bahasa sehingga masih blom bisa ngomonk di usianya yang dah 2 thn 8 bln. Papi yang kasih instruksi, suruh Kai2 duduk, awalnya tuh anak cuek, tp akhirnya dengan susha payah mau. Kemudian si ibu Lilis itu bikin 1 tes lagi. Waktu Kai2 lagi asyik main dengan mainan yang di kasih ibu Lilis, tuh ibu langsung gebrak meja tempat main Kai2, suaranya kenceng, tapi Kai2 ngak perduli, asyik main terus, noleh pun tidak. Kemudian ibu Lilis langsung tanya, ini anak ada alergi atau ngak?? Langsung gue cerita kalo ini anak alergi makanan yang cukup parah, dr kecil susu soya, dan sampe 1,5 thn cuman bisa makan nasi putih, kentang, wortel, daging sapi, dan brokoli. Dulu alerginya keliatan ke kulit, alias eksim, tp begitu eksimnya dah ngak muncul di umur 2 thn, gue dah pelan2 lepas. Kemudian ibu Lilis bilang, walau ngak eksim lagi, belum tentu Kai2 ngka alergi. Alerginya bisa ngak keliatan kasat mata, bisa malah larinya ke otak, mengganggu saraf otak, auta lari ke tempat lain seperti pencernaan, bisa ke BAB yang ngak bagus, kayak diare atau BAB yang terlalu keras, kecil2. Nah trus gue bialng, KAi2 sih BAB nya cenderung keras banget dan kecil kayak kotoran embek. Nah itu alergi kata ibu Lilis. Kemudian setelah melihat sikap Kai2 di ruangan (sambil ngobrol Kai2 dikaish mainan edukatif dan dilihat responnya) ibu Lilis berkesimpulan, anak ini kena ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder). Duuh.....langsung lemes gue dengernya. Buru2 gue tanya...Autis bukan sih??? tuh Dokter Lilis bilang kalo dia ngak berani menyimpulkan Kai2 itu Autis cuman dengan observasis epeti tadi tapi yg jelas Kai2 itu ngak bisa fokus dan Kai2 itu kurang konsen. Kai ngak bisa fokus mengerjakan 1 hal lebih dr 5 menit (ini makanya Kai2 ngak bida duduk diem lama2), dan ngak perduli ama segala sesuatu yang tidak membuat dia tertarik. Jadi bukan bingung bahasa. Anak yang punya kebutuhan khusus kayak Kai2 ini biasanya cerdas, lebih cerdas dari anak2 normal lainnya, cuman punya kekurangan. Kalo KAi2 kekurangannya itu adalah di bagian daya tangkap suara nya. Nah makanya Kai2 harus diterapi, bukan terapi wicara, tapi terapi okupasi (perilaku). Satu jenis terapi yang mengajarkan Kai2 untuk mengerti instruksi yang diberikan orang lain, dan cara untuk meningkatkan konsentrasi Kai2. Dan 1 lagi yg bikin gue tambah pusing dengernya..Kai2 disuruh diet Casein dan Gluten. Casein itu adalah zat yang terdapat dalam susu sapi, jadi Kai2 harus diet segala macam produk susu sapi, Mampus lah...Kai2 kan maniak susu sapi....tiap hari makanan utamanya susu sapi. Bayangin, ama adeknyaberdua, 1 kaleng susu 900gr bisa abis dalam 4 hari. Gimana coba?? Ibu Lilis bilang ganti ke susu soya, atau lebih baik non-susu sama sekali, kalo terpaksa juga, susu yna di encerin. Duh...Pusing dah!! Gluten, ini adalah zat yang terdapat di semua produk gandum, barley, oat...salah satunya terigu. Jadi semua produk terigu dan turunannya, termasuk biskuit, roti dll, harus dipantangin. Duh...ini lagi...mampus dah...gimana coba...KAi2 juga doyan roti. Untung nya yg ini maish bisa diakalin, Kai2 doyan kue jajanan pasar, jadi bisa ngak segawat masalah susu. TErakhir 1 lagi, diet gula, termasuk coklat dan makanan yg manis2 gitu dah. Huuh...ini sih balik lagi ke waktu bayi...pusing mikirin menu gara2 banyak pantangan. Duh...nasebb...!! Yang gue pusing mah gimana educated orang2 disekitar gue, termasuk Ama/Akong yang selalu protes tiap kali gue daftarin segala pantangan Kai2, blom lagi kalo nyuri2 kasih ke Kai2. Bisa sutris gue kayak dulu lagi. Gue sempet curhat ke ibu Lilis soal ini, kata ibu Lilis klo kecolongan dikasih juga tuh makanan yang di pantang, dinetralin aja dengan banyak minum air putih atua kasih sedikit teh hijau cair. Selesai observasi, gue langsung daftar buat terapi KAi2, masuk kelas ibu Nanik, seminggu 2 kali, Rabu, jumat jam 2 siang. Sampe rumah langsung gue cari di inet segala macam hal mengenai ADHD, dan lega banget begitu gue tau kalo ADHD itu bukanlah AUTIS ....Fuuhhh......

No comments: