Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Wednesday, October 31, 2007

Mama n Fish

Akhir2 ini perbedaharaan kata Kai dah ada kemajuan. Dari kagak mau ngomonk sama sekali, sampe muncullah 2 kata ini. Mama dan yii (yii adalah bahasa mandarin untuk ikan). Kata mama ini yg paling sering keluar, sekarang tiap kali manggil gue, atau orang rumah, plus kalo lagi ngambek, kata mama yang keluar. Sepertinya kata "mama" itu adalah cara Kai2 untuk menunjukkan usaha dia buat ngomonk. Walaupun masih ngaco...tp gpp lah....bisa keluar kata mama aja gue dah seneng banget....ada kemajuan...lebih baik sedikit dr pada ngak ada perkembangan sama sekali. Trus kata "yii"....sepertinya Kai2 udah ngerti kalo yii itu adalah ikan. Kai selalu bilang "yii" kalo ngeliat air, mungkin maksudnya ikan itu berenang di air dan kalo liat ikan beneran. Dan yg paling bikin heboh....kemaren pas di kelas, tiba2 Kai2 bisa bilang yii sambil nunjuk gambar ikan di kelasnya. Guru2 Kai langsung heboh saking senengnya.....akhrinya bisa juga Kai2 bilang yii (kata yii emang pernah diajarin di kelas mandarin Kai2). Kalo gue lebih seneng lagi Kai2 bisa bilang yii....artinya kata pertama yang Kai2 bisa selain papa/mama itu adalah bahasa mandarin. Soalnya gue rada2 khawatir liat anak2 lain yg hidup di Jakarta ini, rata2 dah ngak kenal bahasa daerah nya. Semua bahasa indo mulu or inggris. Padahal kan sayang, punya bahasa daerah tapi ngka dipergunakan, hanya karena terpengaruh lingkungan yang semua berbahasa indo. Bukan gue anti bahasa indo....tp cuman mau anak gue bisa mencintai bahasa daerahnya....soalnya kan ngak ada ruginya punya keahlian berbahasa lebih dr 1, banyak untungnya malahan. Itu sebabnya , gue berharap banget anak gue ntar 2 2nya......selain bahasa indo bisa jg bahasa daerahnya.....

Back to Kai2.....selain dah mulai bisa 2 kosa kata, sekarang di kelas Kai2 dah mulai menunjukkan kemajuan. Tiap masuk kelas.....Kai2 dah mulai bisa masuk kelas dengan kemauan sendiri, langsung ngacir liat mainan (walau kadang2 kalo lagi badmood kudu diseret2 dikit hehehepucca_love_13) . Pernah gue tinggal diam2 waktu Kai2 lagi asyik main ama gurunya....Kai2 ngak nangis. Sempet cariin, tp cuman ngambek doank, nangkring terus di muka pintu minta keluar...tp ngak nangis lohhh sama sekali....BRAVOOOO pucca_love_17 ini aja dah bikin gue happy...mengingat sebelum2nya Kai2 selalu nangis ngejer kalo liat gue ngak ada dikelas. Walau cuman 15 menit....tp itu dah lebih dari cukup menurut gue.....Walau akhrinya gue tetep temenin Kai2 dikelas begitu gue liat ada tanda2 hujan bakal turun di muka Kai2 karena kelamaan ngambek....Soalnya gue takut kalo Kai2 nangis ngejer lagi, dia jd trauma lagi. Soalnya trauma yg nangis ngejer gara2 gue tinggal beberapa bulan lalu..susah banget hilangnya. Gue ngak mau gara2 gue paksa tinggal, usaha gue buat melupakan trauma Kai2 sia2.

1 comment:

Yossy and Ling said...

paling suka kalo anak2 baru belajar bicara ya. rasanya innocent banged