Lilypie - Personal pictureLilypie Fifth Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Friday, April 3, 2009

No mommy, I can do it by myself !

Beberapa minggu terakhir ini, En2 sedang memasuki fase "No mommy, I can Do It by Myself !". Semua aktifitas yang berhubungan dengan mengurus diri sendiri, seperti makan, mengganti baju/celana, memakai sepatu, menyisir rambut dsb, En2 tidak pernah mau dibantu lagi oleh orang lain. En2 selalu menolak setiap kali gue atau BS nya mau membantu, En2 maunya melakukan itu semua sendirian. Hmm...baru nyadar kalo En2 sekarang dah bukan bayi lagi, anak gue dah dewasa oiyyyyy dah mandiri, ngak mau dibantu lagi ama mommy nya. Satu sisi, gue seneng anak gue dah dewasa, satu sisi khawatir juga. Anak dah makin dewasa, dah makin ngak butuh mommy, hiks hiks hiks ngak relaaa, takut ngak dibutuhkan lagi. Kayaknya emang bener kata orang2, semasa anak kita kecil, masih butuh kita, harus bener2 dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampe terlewat dan baru menyesal dikemudian hari. Tapi waktu bener2 cepet berlalu, perasaan baru aja kemaren ngelahirin En2, baru aja kemaren gantiin popoknya En2, eh tau2 sekarang dah bisa semua2nya sendiri.

Ada 1 hal yang lucu nih tiap kali tuh anak ganti baju/celana/sepatu sendiri. Tiap kali mau ganti baju, tuh anak buru2 nyerobot tuh baju, takut kita yang pakein. Abis itu tiap kali mau pake itu baju/celana/sepatu, tuh anak selalu tanya, "bener ya??" maksudnya udah bener belum posisi baju/celana/sepatu nya, terbalik or ngak. Trus kalo bener, dia langsung pake, kalo salah dia pasti bolak balik tuh sisi baju/celana trus tanya lagi bener atau ngak. Kadang kalo ngak bener2, bisa bolak balik berkali, butuh 5-10 menit kali cuman buat nemuin sisi yang bener. Kadang saking males nungguin, gue bantuin pake. Tapi tuh anak langsung menolak, trus bawa itu baju kabur. Kalo lagi ngak buru2 sih gpp, tapi kalo lagi buru2 mau ke sekolah, bete bener. Akhirnya dibujuk ama mainan atau buku baru dah mau dipakein.

En2 juga sekarang makin kepo aja. Selain bisa makan sendiri, tuh anak juga hobi mungutin baju kotor untuk ditaruh ke keranjang cucian, atau kalo liat piring/gelas kotor langsung bawa keluar kasih pembantu gue. Kalo lantai kotor atau ada air, En2 gue suruh panggil mbak ambil lap, dia juga sigap banget. Trus abis itu En2 lap sendiri kotorannya, trus balikin ke pembantu gue, abis itu gue suruh cuci tangan. Hehe...kalo ini sih seneng banget mommy nya, ada asisten sigap yang bisa bantuin beresin rumah

2 comments:

Fani said...

WOW!!!! 2 tahun 5 bulan geto!!!!!
Huebat benerrrr En2....

Harus bangga dong Mama Rina ^^
Berarti mendidiknya oke banget ^^

Rina said...

Hahah...bangga sih. Ibu mana sih yang ngak pernah bangga ama anaknya. Kalo bicara soal mendidik, itu harus berterima kasih ama emak gue. Gue belajar cari didik anak ya dari gimana cara emak gue didik gue orang dulu.